A. Persyaratan Pelayanan

  1. Mengisi formulir model F-2.01
  2. Asli Surat keterangan kelahiran dari dokter/bidan penolong kelahiran/ SPTJM bagi yang tidak memiliki surat keterangan kelahiran.
  3. Foto Copy KK orang tua
  4. Foto copy KTP-el orang tua
  5. Foto copy Buku Nikah/Kutipan Akta Perkawinan orang tua (Foto copy Akta Perceraian bagi orang tua yang sudah bercerai) / SPTJM bagi yang tidak memiliki buku nikah/kutipan akta perkawinan atau bukti lain yang sah tetapi status hubungan dalam KK menunjukkan sebagai suami istri.
  • Catatan :
  • Surat  kuasa bermaterai Rp. 10.000,- diperlukan, apabila pelaporan kelahiran dikuasakan kepada orang lain.
  • Masing-masing melampirkan 1 lembar dan menunjukkan dokumen yang asli.
  • Pencatatan kelahiran WNI bagi anak yang baru lahir atau baru diketemukan dan tidak diketahui asal usulnya atau keberadaan orang tuanya harus memenuhi persyaratan berita acara dari kepolisian dan surat pernyataan tanggung jawab mutlak kebenaran data kelahiran dengan 2 (dua) orang saksi.

B. Prosedur Pelayanan Pelaporan Kelahiran

  1. Pemohon mengisi dan menandatangani  formulir dan  menyerahkan persyaratan kepada petugas
  2. Petugas memverifikasi dan memvalidasi berkas permohonan setelah berkas dinyatakan lengkap,petugas memberikan bukti tanda pengambilan
  3. Petugas mengentri berkas permohonan melalui aplikasi SIAK
  4. Kasi melakukan verifikasi data, Kabid melakukan validasi data, Kepala Dinas melakukan TTE
  5. Petugas mencetak register Akta Kelahiran dan  Kutipan Akta Kelahiran
  6. Petugas menyerahkan Kutipan Akta Kelahiran kepada Pemohon dengan menunjukkan bukti tanda pengambilan

C. Waktu Penyelesaian

Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran dapat diselesaikan dalam waktu 1x 24 jam sejak berkas dinyatakan lengkap oleh petugas verifikasi.

D. Biaya / tarif retribusi : GRATIS

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan pasal 79a bahwa pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya.

E. Spesifikasi Produk

Kutipan Akta Kelahiran

F. Pengelolaan Pengaduan

Setiap pengaduan atas pelayanan segera diselesaikan menurut kasus / masalahnya. Pengaduan dapat  disalurkan melalui antara lain :

  • Langsung
  • Kotak pengaduan yang tersedia pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Telephone (0335) 4438894
  • Email (dispendukkotaprob @gmail.com)
  • WA (082350657770)
  • Radio Suara Kota
  • Lapor SP4N, VIEW Probolinggo dan Media Sosial Pemerintah Kota Probolinggo
  • Media Sosial Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo Kota Probolinggo (Instagram dan Facebook)

Jangka waktu penanganan Pengaduan

  • Pengaduan langsung                      : Maksimal 2 hari kerja
  • Pengaduan Kotak Saran                 : Maksimal 2 hari kerja
  • Pengaduan email/WA                      : Maksimal 2 hari kerja