Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo selalu berusaha memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membangun kerjasama yang baik dengan instansi terkait maupun kepada masyarakat. Oleh karena itu untuk meningkatkan kompetensi dibidang pelayanan Administrasi Kependudukan, maka pada tanggal  22 April 2017 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo mengadakan Bimtek Excellence Sevice di kawasan Pendopo Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Bimtek Excellence Sevice tersebut mendatangkan narasumber dari Malang Drs. Soetopo yang memiliki sertikat dari United States Agency For International Development (USAID) sebagai Fasilitator dan Motivator. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo mengawali kegiatan tersebut dengan memberikan arahan kepada peserta Bimtek Excellence Sevice bagaimana cara melayani pemohon dengan cepat, tepat dan akurat. Dalam pengarahan tersebut juga menjelaskan Program 3 in 1 dan 2 in1.

3 in 1 ditujukan kepada bayi lahir usia 0 – 60 hari, bayi lahir langsung mendapatkan 3 dokumen yaitu KK, Akta, dan KIA apabila persyaratan lengkap. Sedangkan 2 in 1 ditujukan  kepada orang yang meninggal, langsung mendapatkan 2 dokumen yaitu KK dan Akta Kematian apabila persyaratan lengkap.

Materi dari narasumber ada bermacam – macam permainan  diantaranya :

  1. Permainan membentuk karakter seseorang dengan media tali rafia
  2. Permainan yang ketepatan feeling seorang pemimpin kepada bawahannya
  3. Permainan yang membentuk satu kesatuan organisasi dengan situasi apapun tidak akan runtuh dengan media kertas diibaratkan sebagai perahu.
  4. Permainan dengan alat Tifa bertujuan untuk melatih bermacam – macam perbedaan yang bisa diselaraskan dengan satu tujuan.

Yang dapat kita petik dari permainan diatas adalah petugas Pelayanan Dispendukcapil bisa menerapkan sistem 3 S (Senyum, Sapa, dan Salam). Selain itu juga membentuk karakter pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Dengan mengikuti Bimtek Excellence Sevice ini diharapkan memberikan pelayanan yang prima, sehingga mampu membina hubungan yang lebih baik kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *