LAUNCHING LAYANAN 3 IN 1

LAUNCHING LAYANAN 3 IN 1

Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, hal ini dibuktikan dengan adanya Launching Pelayanan 3 in 1 yang diselenggarakan di ruang Puri Manggala bhakti Kantor Walikota Probolinggo Selasa tanggal 21 Maret 2017.

Acara tersebut di launching secara langsung oleh Walikota Probolinggo Ibu Hj. Rukmini, S.H, M. Si. Acara Launching yang di gawangi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota probolinggo Tartib Goenawan, M. Si ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Aggota DPRD setempat, SKPD terkait,  para Camat serta Lurah sekota Probolinggo.

Pelayanan 3 in 1 adalah Penerbitan 3 dokumen Kepenedudukan, yaitu penerbitan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam satu kali pengurusan. 3 in 1 yang di launching tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis 3 in 1 kepada 2 warga Kota Probolinggo dan 5 Kelurahan oleh Walikota Probolinggo Hj. Rukmini, S.H, M. Si. Selain itu pada acara tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo juga menunjukkan kebolehannya dengan mempergakan proses penerimaan berkas permohonan Akta Kelahiran dari Orang Tua / Pemohon dan pada saat itulah petugas pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo langsung memeriksa kelengkapan berkas tersebut, memproses, kemudian langsung mencetak Kartu Keluarga (KK) yang baru, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pada initinya  apabila ada Kelahiran seorang bayi, maka orangtua si bayi cukup mengajukan permohonan Akta Kelahiran ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo. Adapun persyaratan untuk Pelayana Program 3 In 1 adalah sebagai berikut :

  1. Kartu Keluarga (KK) yang asli ;
  2. Mengisi Formulir Permohonan Biodata Penduduk ( untuk menambahkan nama anak di dalam Kartu Keluarga ) yang ditanda Tangani oleh Lurah ;
  3. Mengisi formulir Kelahiran (F.2.01) ;
  4. Surat Keterangan Lahir dari Bidan / Rumah Sakit ;
  5. Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan ;
  6. Fotokopi buku nikah / Akta Perkawinan orang Tua / Fotokopi akta Perceraian bagi orang tua yang sudah bercerai (harus menunjukkan yang asli) ;
  7. Fotokopi KTP-el orang tua (harus menunjukan yang asli) ;
  8. Fotokopi KTp-el Saksi kelahiran sebanyak 2 (dua) orang ;
  9. Harus Mengisi Formulir Permohonan Kartu Identitas Anak (KIA).

Apabila berkas tersebut dinyatakan lengkap dan benar oleh Verifikator Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo maka berkas langsung diproses dan segera diterbitkan 3 dokumen kependudukan yaitu :

  1. KK yang baru (asli)
  2. Akta Kelahiran Anak
  3. Kartu Identitas Anak

Dengan adanya layanan 3 in 1 ini mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *